Ketentuan Kamar Pelajar

Updated: 6 August 2020 23:22 WIB


Ruang lingkup pelayanan Kamar Pelajar (KP)

  1. Kamar Pelajar adalah marketplace bagi mahasiswa Indonesia yang berada di luar negeri. Setiap pelajar Indonesia yang berada di luar negeri dapat mendaftar sebagai host KP. Pengguna KP (host dan tamu) adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Warga Negara Asing (WNA) dapat menjadi tamu asalkan bersama-sama dengan tamu WNI, serta calon tamu WNI tersebut yang berkewajiban untuk mendaftar di KP.
  2. Tamu dapat mendaftar melalui website resmi KP (www.kamarpelajar.com), kemudian admin KP menghubungkan antara tamu dan host.
  3. Setelah KP menghubungkan tamu dengan host, kedatangan, keberangkatan, informasi lain serta komunikasi selanjutnya diurus oleh keduanya.
  4. Harga akomodasi ditentukan sepenuhnya oleh host, dengan KP memonitor dan memberikan rekomendasi jika harganya terlalu mahal atau murah.
  5. Kamar Pelajar tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan atau kehilangan barang pada saat proses menginap serta seluruh komunikasi antara host dan tamu sepenuhnya menjadi tanggung jawab masing-masing individu.

Host Kamar Pelajar (KP)

  1. Untuk menjadi host KP, wajib melakukan pendaftaran dengan mengisi form yang tersedia di website resmi KP yaitu kamarpelajar.com/register/host.
  2. Host yang telah mendaftar diverifikasi oleh admin dan dimasukkan ke dalam daftar host KP yang dapat diakses di website resmi KP.
  3. Hak dan kewajiban host KP:
    1. Hak:
      • Mendapatkan data calon tamu berupa: nama, jenis kelamin, No WA, email, tanggal menginap dan jumlah tamu.
      • Menerima, menolak tamu.
      • Mendapatkan 80 persen dari sewa kamar.
      • Menentukan dan merubah harga kamar milik sendiri.
      • Menentukan peraturan rumah.
      • Mendiskusikan waktu check-in dan check-out dengan calon tamu.
    2. Kewajiban:
      • Memberikan konfirmasi kepada admin 1x24 jam.
      • Mengupdate availability perbulan dengan mengirim pesan ke admin melalui WA atau email (jika ada perubahan pihak KP akan menghubungi host).
      • Memberitahukan ke Kamar Pelajar (via WA atau email admin KP) jika ada perubahan terkait tanggal menginap, jumlah pax, harga, maupun pembatalan.

Tamu Kamar Pelajar (KP)

  1. Tamu KP adalah pelajar atau wisatawan Indonesia. Melalui KP, tamu dapat berbincang-bincang dengan host tentang informasi yang ada di negara setempat menggunakan bahasa Indonesia, menambah teman.
  2. Tamu mendaftar melalui website resmi KP, kamarpelajar.com/register/tamu, admin KP kemudian akan memberikan informasi kesediaan host (setelah dikonfirmasi langsung dari host). Selanjutnya Tamu membayar uang muka 20 persen dan mengirimkan bukti pembayaran kepada admin KP. Admin KP selanjutnya akan memberikan kontak host dan tamu dapat berkomunikasi lebih lanjut dengan host.
  3. Pembayaran dilakukan melalui Kamar Pelajar setelah proses reservasi antara tamu dan host sesuai.
  4. Hak dan kewajiban tamu:
    1. Hak:
      • Mendapatkan tanggapan admin max 1x24 jam.
      • Mendapatkan konfirmasi host max 3x24 jam.
      • Mendapatkan data host berupa: nama, kontak, alamat, harga, fasilitas, peraturan rumah, foto (jika ada) dan dokumen perkenalan Kamar Pelajar.
      • Mendapatkan fasilitas yang telah dicantumkan. Mendapatkan invoice (jika dibutuhkan).
    2. Kewajiban:
      • Membayar uang muka secara transfer, dan membayar pelunasan saat bertemu host.
      • Menaati peraturan rumah host.
      • Mendiskusikan waktu check-in dan check-out.
      • Memberitahukan dan mendiskusikan ke host jika ada perubahan terkait tanggal menginap, jumlah pax, maupun pembatalan.

Ketentuan tentang pembatalan

  1. Pembatalan dapat dilakukan oleh host maupun oleh tamu maksimal 1 minggu sebelum hari H. Pembatalan kurang dari seminggu akibat kejadian luar biasa atau seperti bencana alam, pandemik, musibah, dan lainnya yang tidak dapat dihindari, maka KP mungkin dapat memberikan pengembalian uang muka atau menghapuskan penalti pembatalan.
  2. Untuk pembatalan kurang dari satu minggu dikenakan denda 20 persen dari total biaya atau hilangnya uang muka.
  3. Pada pembatalan yang dilakukan oleh pihak host, maka Admin akan mencarikan host pengganti di kota yang sama (jika tersedia) dan akan mengontak tamu.
  4. Untuk pembatalan tanpa konfirmasi oleh pihak tamu dan host dikenakan sanksi dan blacklist yang dapat berupa suspensi akun, hilangnya uang muka, hingga pengnon-aktifan akun.

Ketentuan tentang pengembalian uang muka

  1. Proses pengembalian uang muka akan diberikan jika sudah terjadi kesepakatan antara tamu & admin.
  2. Proses pengembalian uang muka dilakukan paling lambat 3 hari kerja setelah terjadi kesepakatan.
  3. Jumlah uang yang dikembalikan oleh Kamar Pelajar adalah sejumlah uang yang diterima pada saat Kamar Pelajar menerima pembayaran uang muka.

Kebijakan khusus dalam rangka pandemi Covid-19

  1. Kamar Pelajar menaruh perhatian besar terhadap keselamatan dan kenyamanan host & tamu kami. Oleh sebab itu Kamar Pelajar memberikan fleksibilitas terhadap perubahan dan/ atau pembatalan penginapan secara cuma-cuma yang terkait dengan alasan kesehatan.
  2. Host & Tamu wajib memberi tahu admin Kamar Pelajar jika mengalami perubahan kesehatan yang significant selama periode H-5 sebelum check-in dan H+7 setelah check-out.